Home Top Ad

Informasi Menarik Seputar Ikan

Siapa sih yang tidak tahu ikan cupang ? ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias yang paling banyak di pelihara. Selain dipelihara...

5 Jenis Ikan Cupang Hias Paling Mahal


Siapa sih yang tidak tahu ikan cupang ? ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias yang paling banyak di pelihara. Selain dipelihara ikan cupang juga kerap kali dijadikan bahan aduan, ikan air tawar ini banyak hidup di negara tropis seperti Mayalsia, Indonesia, Thailand, Vietnam dll.

Dihabitat aslinya ikan cupang tinggal di rawa-rawa, danau, sungai yang arusnya tenang. Salah satu alasan ikan cupang banyak dipelihara selain karna warnanya yang cantik ikan cupang juga termasuk ikan yang mempunyai daya tahan hidup yang tinggi karena ikan cupang mampu hidup di lingkungan yang miskin oksigen.

Dan berikut ini ada beberapa Jenis Ikan Cupang hias paling mahal di dunia : 

1. Jenis Halfmoon ( Bulan Sepotong )

 ikan cupang halfmoon ( pinterest.com )


Sesuai dengan namanya ikan cupang jenis halfmoon memiliki sirip dan ekor yang seolah-olah menyatu membentuk seperti setengah lingkaran. Ikan cupang jenis Halfmoon ini memiliki corak warna yang beragam, mulai dari kuning, merah terang dan berbagai jenis warna lainnya.

2. Jenis Crown Tail ( Serit )

  ikan cupang crown tail ( pinterest.com )

Nama ikan cupang serit telah menggema di dunia karena terkenal dengan berbagai keindahan warna dan bentuk. ikan hias air tawar ini disebut crown tail atau ekor mahkota sebab ketika ekornya dibalik menghadap ke atas serit-serit yang ada di ekornya akan terlihat seakan-akan mahkota raja.
Ikan cupang jenis crown tail ini memiliki banyak sekali varian dan bentuk. beberapa jenis memiliki serit tunggal. ada juga yang berserit dua atau serit ganda.
3. Jenis Plakat ( Petarung )

ikan cupang plakat (pinterest.com)
Sebutan “Plakat” ber asal dari bahasa di Thailand yang memiliki arti kurang lebih, “tarung” atau “laga”. Seperti namanya yaitu petarung maka beberapa orang menjadikan cupang plakat ini menjadi cupang aduan.
Di negara thailand memang memiliki tradisi mengadu ikan cupang. Sirip dan ekor ikan cupang plakat umumnya pendek tidak melumbai seperti jenis cupang jenis halfmoon dan serit.
Karena pendek, sirip ikan cupang plakat menunjukan sifat yang tangguh dan kekar. Itulah sebabnya cupang jenis plakat ini sangat cocok untuk jadi cupang aduan.

4. Jenis Double Tail ( Ekor Ganda )

ikan cupang double tail (pinterest.com)
Jenis ikan cupang yang satu ini di beri nama double tail karena bagian sirip ekor nya ter belah dua, seakan-akan bercagak ganda. ikan cupang double tail atau ekor ganda ter golong sulit di pelihara. Oleh karena itu, ke hadiran nya masih langka di perjual-belikan di pasaran.
5. Jenis Giant Betta ( Cupang Raksasa )

ikan cupang giant betta (pinterest.com)
Sesuai dengan nama nya, giant betta yaitu jenis ikan cupang yang memiliki ukuran tubuh yang besar atau raksasa. ukuran tubuh ikan cupang ini bisa mencapai 12-15cm, sehingga ikan ini cendurung bergerak lambat dan kurang aktif saat berenang.
Dan itulah dia 5 Jenis Ikan Cupang Hias Paling Mahal, apakah anda tertarik untuk memeliharannya ?

 



0 coment�rios: